• SD ISLAM NURUL HAQ
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Baca Doa Terhindar Penyakit Virus Corona di Sini!

Virus corona adalah sebuah wabah virus baru yang disebabkan oleh burung dan mamalia. Virus Corona menyebabkan penyakit yang mematikan pada manusia, biasanya menyerang bagian pernapasan. Virus ini memiliki struktur membran, glikoprotein yang menyerupai paku, selubung lipid bilayer, dan genom RNA positif, dan protein nukleokapsid. Sehingga bagi yang terjangkit virus tersebut akan sulit bernapas dan bisa berakibat kematian.

Sampai saat ini, penyebaran Virus Corona sendiri sudah sampai ke belahan negara di dunia. Dikabarkan virus ini sudah sampai Hong Kong, Jepang, bahkan Prancis. Berdasarkan penelitian Virus Corona sangat mudah menyerang hewan. Untuk itu disarankan bagi yang memilihara hewan disarankan untuk memeriksa keadaannya dan usahakan beri jarak sedikit dengan interaksi manusia.

Pengertian Virus Corona

Virus Corona adalah sebuah penyebab terjadinya kekacauan yang sedang melanda dunia saat ini. Virus ini umumnya mirip dengan gejala flu. Penderita biasanya mengalami pilek yang tidak berkesudahan. Namun bedanya, penderita virus corona ini mengalami sesak nafas yang akut. Diperkirakan virus baru di China ini berasal dari Pusat Grosir Laut Huanan di Wuhan.

Sementara Wuhan sendiri adalah kota dengan penduduk 11 juta. Pasar Wuhan menjual ikan serta sejumlah besar daging hewan lain. Pada Hari Rabu, laporan Journal of Medical Virology (JMV) menunjukkan bahwa ular adalah salah satu sumber yang memungkinkan untuk virus ini. Peneliti membandingkan kode genetik virus dan membandingkannya dengan dua jenis ular, yaitu krait dan kobra China. Hewan lain juga diteliti, tetapi tak menunjukkan tingkat kemiripan genetik.

Perlu Anda ketahui bahwa Virus Korona memiliki beberapa jenis yang umumnya hanya menyebarkan virus dari hewan ke hewan saja. Namun, yang saat ini menggegerkan dunia adalah sama sekali tidak pernah teridentifikasi pada manusia sebelumnya. Masih sedikit fakta yang diketahui dari virus ini, tetapi pemerintah China telah membenarkan kalau 2019-nCoV bisa menular dari manusia ke manusia.

Pada Virus Corona, gejala yang paling umum dialami oleh pengidapnya antara lain :

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Suhu tubuh tinggi
  • Batuk kering
  • Napas pendek
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Kesulitan bernapas.

Pasien yang terinfeksi coronavirus akan menderita penyakit pernapasan ringan hingga berat jika menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Pihak tersebut juga mengatakan bahwa gejala Virus Corona akan muncul dalam 2 hingga 14 hari setelah pasien terpapar virus corona. Bagi orang yang mengalami gejala virus corona sebagaimana disebutkan di atas, sebaiknya segera menghubungi layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan kondisi terkini dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Virus corona dapat menyebar melalui infeksi ke orang lain dari berbagai cara. Melalui udara dengan batuk dan bersin atau melalui kontak langsung seperti menyentuh atau berjabat tangan.

Virus Corona di Wuhan, China dan Beberapa Negara Lain

Awal mulanya virus ini muncul di Wuhan, Tiongkok. Akibat penyebaran virus ini pihak berwenang China akan menutup Kota Wuhan, dan membatalkan semua jalur transportasi. Pembatasan perjalanan akan berlaku sampai tanggal yang belum bisa ditentukan. sampai saat ini dikabarkan sudah lebih dari 2500 kasus yang ada di China, dimana 2000 orang sudah terjangkit virus dan 56 dikabarkan sudah meninggal dunia.

Penyembuhan

Para peneliti medis dari China mengatakan sampai saat ini belum ada metode pengobatan yang terbukti bisa secara efektif menyembuhkan pasien dari virus corona. Saat ini belum ada terapi khusus maupun vaksin yang bisa menolong dari virus ini. Dalam kebanyakan kasus, tenaga kesehatan hanya berupaya menangani gejala yang ada.

Ilmuwan China Tengah sedang berusaha melakukan penelitian untuk menemukan vaksin corona.  Menurut Pemerintahan China menyebutkan bahwa untuk mengatasi Virus Corona yang sedang mewabah bisa menggunakan obat anti HIV AIDS. Komisi Kesehatan Nasional China juga melaporkan dan menyebutkan nama-nama obat yang dikabarkan dapat mengobati Virus Corona

Imbauan Mencegah Virus Corona

Untuk mengurangi potensi penyebaran virus yang semakin luas, Anda bisa melakuka beberapa cara dibawah ini :

  • Hindari mengkonsumsi daging dan telur mentah.
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik.
  • Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  • Tetap di rumah saat sakit.
  • Tutupi batuk atau bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah. Bersihkan dan disinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh.
  • memiliki waktu istirahat yang tepat
  • Menggunakan perlindungan atau pengaman tubuh ketika akan melakukan kontak dengan binatang liar atau binatang peliharaan.

Dan untuk yang muslim, Anda bisa membaca doa dibawah ini supaya bisa terhindar dari berbagai penyakit, termasuk yang disebabkan oleh virus corona yaitu :

اللهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الغَلا وَالوَبَاء وَالرِّبا وَالزِّنا وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ، وَسُوءَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَما بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلادِ المُسْلِمِينَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أِرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya: “Ya Allah! Angkat dari kami penyimpangan, malapetaka, zina, riba, gempa bumi, bencana, dan segala cobaan yang buruk, baik yang nyata maupun yang tersembunyi, dari negeri kami ini khususnya, dan dari semua negeri kaum Muslimin, dengan Rahmat-Mu, Duhai Yang Maha Penyayang.”

Rasulullah SAW juga menyarankan harus diiringi dengan doa seperti yang beliau katakan :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُوْنِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ الْأَسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya.”(HR. Abu Dawud 1554).

Demikian artikel mengenai Virus Corona yang sedang menggemparkan dunia saat ini. Masih banyak yang harus dipelajari tentang 2019-nCoV ini dan investigasi terhadap virus korona ini sedang berlangsung. Masyarakat dunia diminta untuk waspada dan selalu menjaga kebersihan untuk diri sendiri dan orang – orang di sekitar Anda.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Bersama Hadapi Corona

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memahami kebijakan penghentian aktivitas bersekolah yang diambil Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mencegah penyebaran w

27/04/2020 13:30 WIB - Administrator
FAKTA VIRUS CORONA & SOLUSI ISLAM YANG WAJIB KAMU BACA!⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

cnnindonesia.com merilis, sampai saat ini sudah 171 penduduk China meninggal dunia, sedangkan yang terjangkiti mencapai 8,137 orang. Sebab laporan lonjakan kematian yang terjadi di Chin

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Hari Ini Masuk Malam 1 Rajab 1441, Ini Doa Rajab yang Selalu Dibaca Rasulullah SAW

Bulan Rajab 1441 H tahun 2020 ini bertepatan dengan tanggal 25 Februari. Hal ini disampaikan oleh Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama. doa rajab. Dalam rilisnya, Lajnah Falakiyah

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Hadis-hadis Palsu tentang Bulan Rajab dan Puasa Rajab

Saat bulan Rajab tiba, umat Islam selalu dibanjiri informasi-informasi keutamaan puasa Rajab. Informasi itu berupa sabda Rasulullah Saw yang isinya sangat menggiurkan dan memotivasi sia

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Habib Ali al-Jufri: Virus Corona Bukan Azab

Seorang warganet asal Indonesia mengaku ‘bahagia’ ketika Cina sedang dilanda wabah Coronavirus atau virus Corona. Tidak hanya satu atau dua orang, banyak sekali pengguna

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator